Selasa, 10 November 2015

Cara mengatasi RAM yang tidak terbaca maksimal/Usable di Windows


Hampir Di Seluruh Forum dan Grup Tekhnologi atau sharing Informasi Banyak yang bertanya :

1.Kenapa RAM saya 4 GB usable 2.4Gb ada yang 2Gb usable 1.6

Sesungguhnya Banyak Fakta yang ada disini pertama OS (Sistem Operasi) apa OS yang anda gunakan apakah 32 bit apa 64 bit.



Bisa dilihat jenis system operasi yang saya gunakan adalah Windows 7 Home Premium 64 bit, dengan ram 4 GB. Namun hanya 2,60 GB saja yang terpakai. Padahal OS yang saya gunakan sudah 64 bit.

Ada beberapa hal yang bisa anda coba:

Jika anda menggunakan Windows 7/8/10 :
- Klik Start
- Ketik "msconfig" (tanpa kutip ") pada kolom search. Klik applikasinya.
- Dari window yang terbuka, pilih tab Boot, dan klik Advanced Options.
- Number Of Processor pilih yang paling tinggi
- Centang maksimum memory, lalu isi dengan ukuran memori ram misalnya 4     GB ditulis 4096

- Kemudian hilangkan 'centang' pada Maximum Memory, lalu restart. 

- Lihat Hasilnya, memori ram saya terbaca lebih maksimal

Sekian, Semoga bermanfaat.


Note : Cara di atas tidak membuat ukuran ram menjadi FULL mentok jadi 4.00 GB / Mentok 2.00 GB, tapi setidaknya hampir mendekati misalnya 3.80 GB / 1.80 GB. Kalo ukurannya sudah sudah mendekati angka paling maksimal, sebaiknya anda ltidak perlu menggunakan cara ini.

Tapi beberapa kasus ada RAM yg bisa terbaca penuh (misalnya terbaca mentok 4.00 GB) hal ini mungkin disebabkan spesifikasi hardware komputer.

Cara mengatasi RAM yang tidak terbaca maksimal/Usable di Windows Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

4 komentar:

  1. Tetap aja gak masksimal saya tidak memakai VGA onboard saya pakai VGA eksternal ATI Mobility Radeon 5470 ( 1GB). tapi RAM saya cuma terbaca 3.86 GB usable, harusnya 4GB sempurna.

    saya pakai Windows 8.1 (x64)

    cari di google gak ketemu di web sini juga solusinya gitu gitu aja -_-
    tolong bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sudah maksimal om, gak bisa mentok 4.00 GB
      tapi kdang ada yg bisa mentok 4.00 GB mungkin krna faktor processor, VGA, dan jenis mainboard yg digunakan..

      Hapus
    2. perhatikan kasus saya om, awalnya kan cuma terbaca 2.60 GB saja, setelah di setting usablenya jd 3,84 GB..
      disini saya ga ngasih tutorial buat mentokin RAM :)

      Hapus

Popular Posts